Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tim Sepak Bola Eropa yang akan ke Indonesia tahun 2013 ini

JUM'AT, 08 FEBRUARI 2013 | 13:49 WIB
Juli, Chelsea Kunjungi Indonesia


TEMPO.CO, Jakarta - Salah satu tim papan atas Liga Premier Inggris, Chelsea, dipastikan akan mengunjungi Indonesia pada 22 Juli mendatang. Kunjungan ke Indonesia ini merupakan rangkaian tur tim berjulukan The Blues itu ke Asia Tenggara. Sebelum ke Tanah Air, tim milik taipan Rusia, Roman Abramovich, itu juga menyambangi Thailand pada 17 Juli dan Malaysia pada 21 Juli.


"Mereka pun akan datang dengan pemain utamanya, seperti Oscar, Ramires, Juan Mata, atau Fernando Torres," kata ketua promotor My Events, Justinus Lhaksana, Jumat, 8 Januari 2013.

Sebelumnya, kunjungan Chelsea ke Asia memang dikhawatirkan tanpa greget karena para pemain pilar, khususnya asal Spanyol, tidak akan tampil karena berdekatan dengan pelaksanaan Piala Konfederasi. Sebagai juara dunia dan juara Eropa, tim Matador memang berhak untuk tampil di turnamen tersebut.

"Tapi, di kontrak saya tegaskan tidak mau bekerja sama dengan mereka jika tidak menurunkan tim utama. Akhirnya mereka memenuhi dengan membawa pemain utamanya," ujar Justinus lagi.

Menurut Justin, para pemain utama yang bermain di Piala Konfederasi itu memiliki waktu istirahat beberapa pekan seusai turnamen. Turnamen akan usai akhir Juni, sementara tur Asia baru akan dimulai pertengahan Juli. "Ada waktu istirahat tiga pekan, jadi mereka bisa gabung ke klub," Justinus menambahkan.

Wujud keseriusan Chelsea untuk datang ke Indonesia pun, antara lain, dibuktikan dengan kunjungan awal ketua Chelsea, Ron Gourlay, pada 7 Maret mendatang. "Itu wujud kesepakatan yang disusun sejak penandatanganan nota kesepahaman beberapa waktu lalu. Mereka pun telah mengumumkan rencana kunjungan melalui situs mereka. Itu bukti mereka sangat serius," kata Direktur Konsumer dan Retail BNI, Darmadi Sutanto.

BNI merupakan perusahaan lokal yang telah mensponsori Chelsea sejak beberapa waktu lalu. "Atas dasar kerja sama itu, Chelsea memajukan kunjungan ke Indonesia. Awalnya, mereka akan datang pada 2015. Mereka puas dengan kerja sama sehingga memajukannya menjadi 2013," kata Darmadi.

Kedatangan Chelsea pun menambah daftar tim Eropa yang menyambangi Tanah Air. Sebelumnya, klub Inggris Arsenal dan Liverpool, klub Italia Juventus dan AS Roma, serta klub Jerman Hamburg SV telah memastikan akan datang ke Indonesia. Tidak hanya itu, tim nasional Belanda juga disebut akan datang ke Indonesia pada Juni mendatang.